Tanggal Posting

May 2012
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Aktifitas


Inna lillahi wa inna ilaihi raajiuun

#Dua Satpam IPB Gugur dalam Tugas#

Dua orang Satuan Pengamanan (satpam) Unit Keamanan Kampus (UKK) Institut Pertanian Bogor, Wakil Koordinator UKK, Supriyatna, alias Bonar (40) dan anggota Satpam Fakultas Teknologi Pertanian, Suhardi (42) gugur dalam menjalankan tugasnya. Mereka ditembak oleh dua orang lelaki dengan menggunakan senjata api, sekitar pukul 11.47 WIB, 5 menit menjelang sholat Jum’at, di halaman Mesjid Al Hurriyah, Kampus IPB Dramaga, Bogor (25/5).

 

Supriyatna dan Suhardi adalah anggota UKK yang bertugas mengintai di parkiran sepeda motor di halaman Mesjid Al Hurriyah. Hal ini dilakukan karena ada laporan ke UKK bahwa ada beberapa orang mencurigakan di sekitar area tersebut.

 

Menurut saksi mata yang juga anggota satpam, dimana pada saat kerjadian ia berada pada posisi sejajar dengan kejadian, yaitu dekat lapangan tenis.

 

Ia melihat pada saat itu Bonar menghampiri seseorang yang akan mengeluarkan kendaraan roda dua hasil curiannya. Melihat kondisi itu ia menghampiri orang tersebut sambil berkomunikasi meminta bantuan melalui Handy Talky (HT) kepada Komandan Regu, Ining, dan Anggota Satpam yang berada di lapangan tenis itu.

 

Sementara menunggu bantuan, tanpa disadari telah terjadi baku hantam dan Suhardi telah gugur ditembak, kemudian Bonar, ditembak.

 

Jenazah di larikan ke Rumah Sakit Karya Bhakti untuk mendapatkan pertolongan pertama. Dalam perjalanan menuju rumah sakit Karya Bhakti, Bonar menyusul Suhardi, gugur. Guna kepentingan otopsi jenazah di kirim ke Rumah Sakit PMI Bogor.

 

Dalam rangka penghormatan terakhir, jenazah akan disemayamkan di Gedung Andi Hakim Nasoetion Rektorat, Kampus IPB Dramaga, Bogor dan dilepas selepas magrib di pimpin oleh Rektor IPB.

 

Dengan adanya kejadian ini, Rektor IPB, Prof.Dr.Ir.Herry Suhardiyanto,M.Sc, sebagai pimpinan IPB mengambil beberapa langkah dan tindakan, yaitu:
  1. Berkoordinasi dengan Polsek Dramaga dan Polres Bogor. Ia memohon agar kasus ini harus diselesaikan dengan tuntas, termasuk kasus berantai pencurian yang sering terjadi di kampus IPB dan juga tempat lain.
  2. Mengusulkan kepada pemerintah (Kapolri) untuk meninjau kembali pengaturan tentang kepemilikan senjata api.
  3. Untuk internal IPB, Rektor sudah menginstruksikan dengan segera menerapkan pengamanan bagi keluar masuknya kendaraan tamu, dan hanya kendaraan yang memiliki izin saja yang diperbolehkan masuk. Aturan ini harus ditaati termasuk tamu IPB.
  4. Sebagai penghormatan, Rektor mengusulkan dua orang anggota yang gugur tersebut, Supriyatna dan Suhardi, untuk mendapatkan kenaikan pangkat Anumerta, karena mereka gugur dalam tugas.
Bogor, 25 Mei 2012
Bidang Humas Sekretariat Eksekutif
***

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>